Berbicara mengenai Sejarah Sekolah Menengah Kejuruan Indonesia, terdapat sedikit catatan tapi padat yang bisa dijelaskan. Penamaan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah hasil revolusi dari nama-nama sebelumnya. Di dalam sejarah pendidikan Indonesia, sebelum SMK dikenal yang namanya STM yang merupakan akronim dari Sekolah Teknologi Menengah, ada lagi SMEA singkatan dari Sekolah Menengah Ekonomi Atas, ada juga Sekolah Menengah Industri dan Kerajinan disingkat dengan SMIK, Sekolah Menengah Musik (SMM) dan lain-lain.

Saat ini peran SMK tidak bisa dianggap remeh, tidak adalagi kedudukan SMK sebagai sekolah cadangan yang menjadi pilihan kedua apabila tidak bisa masuk ke SMA yang diinginkan. Paling tidak ada beberapa alasan kuat kenapa Pembaca harus memilih SMK sebagai pilihan utama dalam memilih. Melansir sebuah blog tentang SMK, berikut 5 (lima) alasan memilih SMK, antara lain:

  1. Setiap siswa akan dibekali mengenai ilmu pengetahuan khusus yang sesuai dengan minat serta kemampuan masing-masing siswa.
  2. Siswa akan didorong untuk memiliki bakat berwirausaha (enterpreneurship atau kewirausahaan). Nantinya, setiap siswa SMK terbiasa memiliki etika serta etos kerja yang tinggi.
  3. Siswa SMK akan selalu diberikan dasar ilmu (basic) tentang pelatihan kerja atau biasa disebut dengan Pendidikan Sistem Ganda (PSG).
  4. Siswa akan diberikan kemampuan guna menentukan pilihan bidang keterampilan serta keahlian yang harus dikembangkan.
  5. Lulusan SMK cepat memperoleh pekerjaan, seiring dengan banyaknya perusahaan yang menginginkan pekerja dari lulusan SMK dengan ilmu yang segar atau fresh graduate.
Sejarah Singkat
Sejarah Singkat

Sejarah Pengembangan

2011-2012

Bpk. Leo sutrisno & Ibu Fransiska Sugeng
Bpk. Leo sutrisno & Ibu Fransiska Sugeng

Maka berdasarkan pertimbangan seperti gambaran diatas kami pun memutuskan memberanikan diri dengan membuaka sebuah lembaga pendidikan formal di kawasan sekitar Ciputat tepatnya dikelurahan Jombang dan kelurahan Pondok Pucung.

Pada awal tahun pelajaran 2011-2012 kami membuka sebuah sekolah kejuruan yang pertama, dengan diawali kerjasama dengan salah satu pengusaha yang bernama Leo Sutrisno yang berkantor di gedung Pesona di wilayah Tanah Kusir Kebayoran Baru, Jakarta.

Dengan bekerjasama kami dengan Yayasan Leo Sutrisno yang berniat membuat salah satu sekolah kejuruan dengan biaya sekolah yang terjangkau masyarakat menengah, maka lahirlah sekolah dengan nama SMK LETRIS INDONESIA.

Adapun nama sekolah kami LETRIS itu adalah nama pemilik yayasan kami yang bernama Bapak LEO SUTRISNO sehingga nama SMK LETRIS INDONESIA adalah perwujudan dedikasi yayasan dalam membantu negara dalam dunia pendidikan dengan mencantumkan kata Indonesia pada nama sekolah kami.

Pada awal berdiri kami hanya menempati sebuah ruko di jalan Raya Jombang yang berukuran kecil dan mendapat kepercayaan masyarakat dengan peserta didik yang bergabung di SMK LETRIS INDONESIA hanya 20 siswa saja.

Dan karena kami berkomitmen menjalankan lembaga pendidikan tersebut maka pihak yayasan membangunkan gedung sekolah dengan 4 lantai pada tahap pertama dengan jumlah ruang belajar dan ruang administrasi sebanyak 16 ruangan.

Dan pada tahun kedua tepatnya tahun pelajaran 2012-2013 kami sudah menempati gedung baru sampai sekarang dan alhamdulilah perkembangan siswa dan sarana prasarana sekolah terus meningkat dari tahun ke tahunnya. Pad pada akhirnya jumlah siswa kami berjumlah ribuan siswa sampai sekarang.

Contact Details

Villa Bintaro Indah, Jl. Kalimantan I
(021) 7459-732
info@smkletris.sch.id
www.smkletris.sch.id